Menyaksikan Laptop Gaming Terbaik Tahun Ini: Performa, Desain, dan Keandalan yang Mengagumkan

0 Shares
0
0
0

Sore itu, suasana Jakarta cukup sejuk—kalau tidak boleh dibilang mendung gelap yang menandakan hujan akan segera turun. Hari ke-3 puasa Ramadan, saya hadir di acara buka bersama bareng ASUS untuk menyaksikan laptop gaming terbaik. Acara bukber kali ini dihelat di Hotel Sutasoma, Jakarta Selatan.

Seseru apa acara peluncuran laptop gaming terbaik tahun ini? Seru banget pastinya.

Untuk mengantisipasi macet karena barengan jadwal orang berburu takjil, plus Jakarta hawanya bakalan hujan deras, saya hadir di lokasi lebih awal. Itung-itung bisa istirahat sebentar di musala sambil menunggu teman-teman yang lain datang.

Tepat pukul 16.00 undangan yang hadir sudah mulai membludak. Selesai salat Asar, saya langsung bergegas menuju rooftop hotel yang berada di lantai 8. Memang ya, ikut ke acara ASUS itu selalu bikin happy. Selain bisa bertemu dengan teman-teman blogger dan KOL, saya selalu menikmati rangkaian acara peluncuran laptop gaming terbaik tahun ini.

Baca juga: Tips supaya Liburan Seru Bareng ASUS ROG Ally

Menyaksikan Langsung Laptop Gaming Terkeren

laptop gaming paling gahar
Laptop gaming spek dewa

Saat masuk ke venue acara, semua undangan yang hadir langsung melakukan registrasi secara daring. Suasana rooftop Hotel Sutasoma tampak meriah. Beragam display ASUS ROG terbaru siap untuk dijelajahi.

Saat awal masuk, saya diberi kartu untuk melakukan serangkaian games di area display. Setiap peserta yang hadir wajib ikut kalau mau mendapatkan hadiah dari wheel fortune. Venue pertama yang saya ikuti tentu saja foto AI. Sumpah! Saat melihat hasilnya saya langsung melongo. Secanggih itu foto AI buatan laptop gaming paling mumpuni dariASUS? Saya sampai melongo karena pangling melihat wajah sendiri yang seperti pemain game profesional.

Setelah mengikuti serangkaian game, saatnya memutar roda keburuntungan. Alhamdulillah saya mendapatkan sovenir seru untuk dibawa pulang—selain sovenir utama tentunya. Doorprize sederhana seperti ini selalu membuat saya exicted mengikuti kegiatan yang dihelat ASUS. Apalagi di akhir acara secara tidak diduga saya “ketiban pulung”. Bangku yang saya duduki ternyata bangku istimewa karena di bawahnya ada voucer belanja.

Alhamdulillah. Rezeki “orang-orang beriman” meski kelakukan saya masih amoral. 😀

ASUS Kenalkan Seri Laptop Gaming Mumpuni Terbaru

Setelah puas berkeliling ke setiap sudut venue display, saya langsung duduk manis. Acara utama sore itu dibuka oleh Mas MC—yang ternyata namanya sudah sangat populer di dunia tekno dan e-Sport, yakni Mas Gerry Eka. Melalui acara ini, ASUS mengenalkan seri laptop gaming terbaik dan terbaru tentunya.

Pada peluncuran kali ini dihadiri juga oleh beberapa petinggi ASUS seperti Muhammad Firman, Head of Public Relation of ASUS Indonesia, Riandanu Hutomo, Technical Public Relation of ASUS Indonesia, Darien Theodric, Country Product Manager of ASUS Indonesia, dan Davina Larissa, Marketing Manager of ASUS Indonesia.

petinggi asus
Muhammad Firman, Head of Public Relation of ASUS, Indonesia, Riandanu Hutomo, Technical Public Relation of ASUS Indonesia, Darien Theodric, Country Product Manager of ASUS Indonesia, Davina Larissa, Marketing Manager of ASUS Indonesia.

Laptop apa saja yang mereka ulas? Silakan baca terus artikel ini.

ROG Zephyrus G16

Yang pertama adalah ROG Zephyrus G16 yang digadang-gadang sebagai pelopor thin and light AI gaming laptop dengan Layar 16-inci. Laptop ini memiliki desain bodi dengan bobot hanya 1,85 Kg dan ketebalan 1,49 cm. Dengan dibekali layar OLED berteknologi VRR, serta ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra Series dengan Intel® AI Boost, laptop ini mampu memberikan performa mumpuni.

Wuih. Begitu melihat laptop ini saya langsung jatuh cinta. Bagaimana tidak, laptop gaming keren ini digadang-gadang sebagai laptop tertipis dan teringan di dunia. ROG Zephyrus G16 berhasil merevolusi laptop 16-inci menjadi sebuah AI gaming laptop ultra-thin. Sangat ringan dan mudah dibawa ke mana aja.

World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Selain tipis dan ringan laptop ini juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Intel® AI Boost untuk pemrosesan AI yang lebih optimal. World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR yang dibekali layar ROG Nebula Display dengan menggunakan panel OLED, didukung teknologi G-SYNC® untuk kualitas visual dan pengalaman gaming terbaik. Selain itu, laptop ini juga penerus dari seri Zephyrus sebelumnya dengan peningkatan spesifikasi dan fitur-fitur baru.

Selain yang saya disebutkan di atas, ROG Zephyrus G16 (GU605) sendiri adalah AI gaming laptop yang menawarkan layar ROG Nebula Display yang dibekali panel OLED. Layar ini bukan OLED biasa. ROG Zephyrus G16 (GU605 sudah dilengkapi dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Fitur ini memberikan pengalaman bermain game yang lancar tanpa gangguan tearing atau stuttering. Termasuk seri lain yakni ROG Zephyrus G14 (GA403), ROG Zephyrus G16 (GU605) yang merupakan laptop gaming pertama di dunia dengan layar OLED berteknologi VRR.

Ditenagai Windows 11

ROG Zephyrus G16 (GU605) sendiri adalah AI gaming laptop yang ditenagai Windows 11 yang merupakan sistem operasi terbaik untuk gaming dan content creation. Dengan membawa pulang laptop ini kita bisa gratis berlangganan XBOX PC Game Pass selama tiga bulan. Tersedia beragam judul game AAA terbaik seperti Starfield, Forza Horizon, hingga Microsoft Flight Simulator yang bisa dinikmati melalui XBOX PC Game Pass.

ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming pertama di Indonesia, yang ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan telah dibekali oleh Ryzen AI. Fitur ini mengombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI.

Perlu dicatat, ROG Zephyrus G16 (GU605) bukan sekadar laptop gaming, tetapi merupakan AI gaming laptop. Hal ini dikarenakan prosesor Intel® Core™ Ultra Series tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Dengan segala kebaikan dan fitur-fitur yang ditampilkan, ROG Zephyrus G16 (GU605) dilepas di pasaran dengan harga antara Rp32.999.000 (Core Ultra 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB) sampai dengan Rp53.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4080 / 32GB / 1TB).

TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau

foto AI asus
Hasil foto AI

Seperti yang saya lihat dari display, mata saya menatap takjub kehadiran laptop TUF Gaming A15 di layar panggung. Laptop ini dikukuhkan sebagai pionir laptop gaming yang ramah di kantong. Jeroan laptop ini dibekali prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen AI, chip grafis dengan max TGP, MUX switch, dan memiliki durabilitas tinggi berstandar US Military Grade.

Laptop TUF Gaming A15 dibekali prosesor AMD Ryzen™ 8000 Series dengan Ryzen AI, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series dengan max TGP, dan MUX switch. Ini menjadikannya sebagai laptop Superior AI and Gaming Performance.

Selain itu, laptop ini memiliki durabilitas superior yang menjadikannya sebagai satu-satunya laptop gaming entry-level dengan sertifikasi US Military Grade durability. Bisa dipastikan laptop ini build quality terbaik. Laptop ini juga dirancang untuk semua gamers.

Semua jeroan berkualitas tersebut menjadikan Laptop TUF Gaming A15 sebagai laptop gaming dengan harga yang super ramah di kantong.

Berapakah harganya? TUF Gaming A15 ditawarkan ke penggunanya dengan harga antara Rp23.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB) sampai dengan Rp26.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4070 / 16GB / 1TB). Untuk detail lengkapnya bisa dibaca di bagian spesikasi yang saya cantumkan di bawah artikel ini.

ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia

asus gaming laptop
Menyaksikan langsung peluncuran ASUS gaming laptop

Mata saya tak lepas menatap screen di depan panggung. Di sana laptop paling tipis, ringan, powerful di dunia sedang ditampilkan. Yak. Ini adalah ROG Zephyrus G14. Bobotnya hanya sekitar 1,5 Kg dengan ketebalan 1,59 cm. Laptop super ringan ini dibekali layar OLED berteknologi VRR, serta ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen™ AI.

Sebagai AI gaming laptop paling ringan dan paling tipis di dunia, ROG Zephyrus G14 memiliki bobot sekitar 1,5 Kg. Ketebalannya sendiri sekitar 1,59 cm. Untuk memberikan performa yang mumpuni, laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen™ AI untuk pemrosesan AI yang lebih optimal.

Selain itu, laptop ini juga dikategorikan World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR alias Variable Refresh Rate. Untuk mendukung kualitas visual dan pengalaman yang terbaik, laptop ini dibekali layar ROG Nebula Display yang menggunakan panel OLED, didukung teknologi G-SYNC®.

Dengan segala fitur yang dibenamkan ke dalam ROG Zephyrus G14, kita bisa membawa pulang laptop ini dengan harga antara Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB) – Rp34.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB).

Kemeriahan bukber bareng ASUS dan gamers terus berlanjut. Sembari menikmati makanan dan view rooftop hotel yang cantik, saya mulai berangan-angan. Kira-kira laptop mana yang bakal diincar?

Kalau kalian sendiri, dari ketiga laptop di atas, manakah yang akan menjadi teman laptop gaming terbaik dan terfavorit? Silakan berbagi di kolom komentar.

laptop gaming tercanggih
Spesifikasi laptop gaming terbaik
laptop gaming paling canggih
Spesifikasi laptop gaming terbaik
laptop gaming unggulan
Spesifikasi laptop gaming terbaik
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like